Skip to main content
Pencegahan

1200 Mahasiswa Baru Terpapar P4GN dari BNN

Dibaca: 11 Oleh 11 Sep 2019Desember 23rd, 2020Tidak ada komentar
1200 Mahasiswa Baru Terpapar P4GN dari BNN
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba

kuningankab.bnn.go.id, Kuningan – Mahasiswa merupakan insan berpendidikan yang menjadi aset untuk kemajuan bangsa Indonesia di masa depan. Namun sayangnya, menurut data BNN RI pelajar dan mahasiswa berkontribusi dalam penyalahgunaan narkoba terbesar kedua setelah pekerja yaitu sebesar 27%. Untuk menekan laju penyalahguna baru diwilayah Kuningan, BNN RI bekerjasama dengan Universitas Kuningan (UNIKU) untuk sosialisasi bahaya narkoba. Acara yang bertajuk Sehat Tanpa Narkoba ini menghadirkan narasumber Asep Syaripudin, M.Si  Kasie rehabilitasi dan Novy Khusnul Khotimah, M.A penyuluh BNN Kabupaten Kuningan 10 September 2019. Acara sosialiasi narkoba yang digabungkan dengan PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru) diikuti oleh 1200 mahasiswa baru.

Dari penyampaian paparan P4GN (Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba) ini memancing pertanyaan dari salah satu mahasiswa yang bernama Akmal tentang legalitas ganja yang masih dilarang oleh negara Indonesia sedangkan ada negara lain yang melegalkan. Pertanyaan ini dijawab oleh Asep bahwasanya selama masih dilarangnya oleh Undang-Undang 35 tentang narkotika, selama itu pula ganja dilarang di negeri ini. Asep juga menambahkan bahwa ketidaksiapan mental rakyat Indonesia  menjadi masalah untuk penyalahgunaannya daripada pemanfaatannya. Pernyataan ini didukung oleh Novy bahwa regulasi legalisasi ganja di negara berkembang lebih merugikan negara sebab meningkatkan angka kriminalitas seperti yang terjadi di daratan Amerika Latin.Berbeda kasus di negara maju yang regulasinya jelas seperti disediakan lokalisasi dan khusus diperuntukkan bagi wisatawan.

Selain di Uniku, PKKMB kerjasama dengan BNN juga dilaksanakan di Universitas Al-Ihya (UNISA) dengan narasumber Kasie P2M Dedy Nuryadi, SE dan Stikkes Kuningan (Stikku) dengan narasumber Kepala BNN Edi Heryadi, M.Si. Menurut Edi, Kerjasama dengan kampus-kampus-kampus Kuningan diharapkan tidak sebatas sosialisasi tentang P4GN melainkan hingga tingkat regulasi seperti test urine untuk calaon mahasiswa baru dan mahasiswa yang akan diwisuda.

1200 Mahasiswa Baru Terpapar P4GN dari BNN

PKKMB Universitas Al-Ihya

1200 Mahasiswa Baru Terpapar P4GN dari BNN

PKKMB Universitas Kuningan

1200 Mahasiswa Baru Terpapar P4GN dari BNN

PKKMB STIKes Kuningan

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel